Rekam e-Ktp Menerapkan Sistem Jemput Bola

Jum’at (11/01/2019), Pemerintah Kecamatan Puspahiang bekerjasama dengan Pemerintah Desa Puspasari dalam hal perekaman e-ktp.

Pada kesempatan kali ini, Pemerintah Kecamatan Puspahiang menjalankan intruksi dari Pemerintah Kabupaten Tasikmalaya dalam segi perekaman e-ktp. Kali ini pemerintah kecamatan puspahiang menggunakan sistem jemput bola dalam proses tersebut. Maksud dari jemput bola tersebut adalah pihak kecamatan terjun langsung ke desa-desa untuk mendatangi masyarakat atau penduduk yang belum sama sekali perekaman. Hari ini jum’at 11-01-2019 merupakan jadwal perekaman yang bertempat di Desa Puspasari, yang mana kegiatan itu ditempatkan di Aula Kantor Desa Puspasari karena dikhawatirkan jumlah penduduk yang membludak. Antusias penduduk cukup banyak sehingga aula kantor desa puspasaripun lumayan terisi penuh. Akan tetapi ada sebagian warga yang salah tangkap akan kegiatan tersebut. Ada yang berpikiran bahwa kegiatan tersebut adalah kegiatan pembuatan e-ktp masal, padahal kegiatan tersebut adalah kegiatan perekaman yang di peruntukkan bagi orang-orang yang belum sama sekali mempunyai kartu identitas penduduk dan belum sama sekali melakukan perekaman. Dan pada akhirnya kesalah fahaman tersebut di luruskan oleh staf pemerintahan desa. Alhasil masyarakatpun mengerti tujuan dari kegiatan tersebut meskipun sebagian masih ada yang bersih keras untuk mengikuti kegiatan tersebut dengan dalih ktpnya rusak atau hilang dan ada juga yang beralasan karena e-ktpnya belum jadi-jadi setelah sekian lamanya. Memang kalau berbicara tentang itu, kendala saat ini adalah ketersediaan blankko ktp yang tidak mencukupi kebutuhan masyarakat.

Selain itu tujuan lain dari kegiatan ini adalah mewujudkan suksesnya Pemilu 2019. Karena kalau sudah melakukan perekaman dan e-ktpnya sudah jadi, otomatis persyaratan untuk proses pemilu tersebut terpenuhi. Kemudian kalau berbicara tentang petugas perekaman dari kecamatan, kecamatan mengirimkan petugas sebanya tiga orang dalam kegiatan tersebut diantaranya : Bpk. Muksin, Bpk. Elang dan Ibu Linda Ucun. Tak lupa mereka di dampingi oleh Bpk. Camat Puspahiang Bpk. Zalkaf Drasma dan Bpk. Kasi Kesos Bpk. Ujang. Mereka tiba di puspasari pada pukul 08:30, kemudian di lanjut dengan pemasangan alat dan memulai kegiatan tersebut sekitar pukul 09:00 sampai dengan 11:30 kemudian istirahat untuk melaksanakan shalat jum’at. Setelah shalat jum’at selesai kegiatan tersebut kembali dilanjutkan kurang lebih sampai pukul 14:30. Setelah selesai para petugas kembali membereskan alat-alatnya dan bergegas untuk kembali ke kantor kecamatan yang selanjutnya dilanjutkan ke rumahnya masing-masing.

Proses Kegiatan Perekaman e-Ktp
Para Penduduk Yang Akan Direkam

 

 

 

 

 

Para Petugas Dari Kecamatan
Para Petugas Yang Sedang Membereskan Dokumen

 

 

 

 

 

 

 

Proses Input Data

Sekian yang dapat kami sampaikan, kurang lebihnya mohon maaf dan terimakasih. (adyt)

Facebook Comments

Jadi yang Pertama Berkomentar

Tinggalkan Balasan